Search

Saingi Zoom, Fitur Premium Google Meet Gratis untuk Pengguna Umum - JawaPos

JawaPos.com – Google membuka layanan konferensi video Google Meet untuk siapa saja yang ingin menggunakannya secara luas. Sebelumnya, Google Meet hanya bisa digunakan oleh pelanggan perusahaan dan pendidikan melalui layanan G Suite.

Perusahaan mengatakan kini siapa pun yang memiliki akun Google dapat membuat pertemuan atau konferensi video gratis hingga 100 orang. Selain itu, pengguna juga dapat bertahan dalam jumlah waktu berapa pun hingga 30 September mendatang.

Setelah 30 September, menurut informasi dari laman resmi Google, pembatasan di akun-akun non-premium akan kembali dilakukan, seperti jumlah peserta dan lama waktu panggilan.

Berbeda dengan Zoom, platform video conference yang sedang hits belakangan ini di tambah isu keamanan yang ada, persyaratan untuk mengakses Google Meet terbilang rumit. Orang-orang tidak akan bisa mengklik tautan dan bergabung dengan rapat, mereka harus masuk terlebih dahulu.

Dengan begitu, rapat dapat dikendalikan dengan lebih baik oleh tuan rumah pembuat konferensi video. Langkah ini tentu dapat meminimalisir risiko keamanan yang ada seperti pada Zoom yang dikenal sebagai Zoombombing.

Google juga akan memperkenalkan langkah-langkah keamanan lainnya. Orang yang tidak secara eksplisit ditambahkan ke rapat melalui undangan kalender akan secara otomatis dimasukkan ke dalam ruang hijau ketika mereka mencoba untuk bergabung dengan rapat. Dan, hanya akan diizinkan masuk jika disetujui oleh tuan rumah. Selain itu, versi gratis juga tidak akan menawarkan nomor dial-in darat untuk rapat.

Peringatan-peringatan yang berfokus pada keselamatan itu adalah cara Google untuk membedakan produk Meet-nya dari Zoom, yang telah meningkat pesat penggunanya dibandingkan Google dan layanan lain dari Microsoft.

Seperti sudah disinggung di atas, perhatian yang meningkat pada Zoom mengungkapkan sejumlah masalah keamanan. Dan, dengan digratiskannya fitur premium Google Meet, ini tentu bisa jadi alternatif lain bagi masyarakat yang harus tetap bekerja bersama tim mereka lewat platform video conference.

Seperti diketahui, Google Meet sebelumnya dikenal dengan nama Hangouts Meet. Google mengubah namanya menjadi Meet bagi pelanggan G Suite di saat mereka melakukan penambahan kapasitas pengguna Google Meet.

Saksikan video menarik berikut ini:

Let's block ads! (Why?)



Teknologi - Terbaru - Google Berita
April 30, 2020 at 06:20PM
https://ift.tt/2YlKEvt

Saingi Zoom, Fitur Premium Google Meet Gratis untuk Pengguna Umum - JawaPos
Teknologi - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2ZG5aJj

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Saingi Zoom, Fitur Premium Google Meet Gratis untuk Pengguna Umum - JawaPos"

Post a Comment

Powered by Blogger.