Search

Samsung Akhiri Produksi Ponsel di Tiongkok - BeritaSatu

Seoul, Beritasatu.com- Samsung Electronics telah mengakhiri produksi telepon seluler di Tiongkok. Pada Rabu (2/10), Samsung menyatakan perusahaan dirugikan atas persaingan dari saingan domestik Tiongkok, pasar ponsel pintar terbesar di dunia.

Penutupan pabrik telepon terakhir Samsung datang setelah penghentian produksi di pabrik di selatan kota Huizhou pada bulan Juni. Samsung juga menghentikan operasional pabrik lain akhir tahun lalu, menggarisbawahi persaingan yang ketat di Tiongkok.

Raksasa teknologi Korsel menghentikan produksi telepon di Tiongkok setelah pabrikan lain mengalihkan produksinya dari Tiongkok karena peningkatan biaya tenaga kerja dan perlambatan ekonomi.

Sony juga menyatakan akan menutup pabrik smartphone Beijing dan hanya akan membuat smartphone di Thailand. Namun Apple masih membuat produk utama di Tiongkok.

Pangsa Samsung terhadap pasar Tiongkok menyusut menjadi 1% pada kuartal pertama dari sekitar 15% pada pertengahan 2013. Menurut perusahaan riset pasar Counterpoint, Samsung tersisih dari merek-merek lokal yang tumbuh cepat seperti Huawei Technologies dan Xiaomi Corp.

“Di Tiongkok, orang membeli smartphone murah dari merek domestik dan ponsel kelas atas dari Apple atau Huawei. Samsung memiliki sedikit harapan di sana untuk menghidupkan kembali porsi pasarnya,” kata Park Sung-soon, seorang analis di Cape Investment & Securities.

Samsung, pembuat smartphone top dunia, menyatakan telah mengambil keputusan sulit dalam upaya untuk meningkatkan efisiensi. Namun perusahaan menambahkan tetap akan melanjutkan penjualan di Tiongkok.

“Peralatan produksi akan dialokasikan kembali ke lokasi manufaktur global lainnya, tergantung pada strategi produksi global kami berdasarkan kebutuhan pasar,” katanya pihak Samsung, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Samsung menolak untuk memastikan kapasitas pabrik Huizhou atau jumlah stafnya. Menurut perusahaan, pabrik itu dibangun pada tahun 1992.

Media Korea Selatan mengatakan mereka mempekerjakan 6.000 pekerja dan menghasilkan 63 juta unit pada tahun 2017. Tahun itu, Samsung memproduksi 394 juta ponsel di seluruh dunia, menurut laporan tahunannya.

Perusahaan Samsung telah memperluas produksi ponsel pintar di negara-negara berbiaya lebih rendah, seperti India dan Vietnam, dalam beberapa tahun terakhir.

Sumber: Suara Pembaruan

Let's block ads! (Why?)



Teknologi - Terkini - Google Berita
October 03, 2019 at 07:42AM
https://ift.tt/2pC4m75

Samsung Akhiri Produksi Ponsel di Tiongkok - BeritaSatu
Teknologi - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2ZG5aJj

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Samsung Akhiri Produksi Ponsel di Tiongkok - BeritaSatu"

Post a Comment

Powered by Blogger.