Search

Berharta Rp120 Triliun, Eric Yuan Ternyata Bikin Zoom Berkat Istri - Haibunda

Jakarta - Mungkin Bunda masih merasa asing dengan nama Eric Yuan. Dia adalah pendiri perusahaan konferensi video Zoom. Ya, berkat pengusaha asal China inilah, Bunda bisa tetap berkomunikasi dengan keluarga dan teman di tengah pandemi corona via daring.

Pria berusia 50 tahun ini lahir di provinsi Shandong, China. Ia mempelajari permesinan di salah satu perusahaan raksasa Asia. Kemudian selama empat tahun ia bekerja di Jepang, lalu memutuskan pindah ke Amerika Serikat (AS).


Inspirasinya datang ke AS adalah Bill Gates, Yuan berpikir bagaimana caranya bisa jadi penguasa teknologi di sana. Namun jalannya tak langsung mulus. Ia sempat mengalami penolakan untuk tinggal dan bekerja di AS sampai akhirnya diizinkan.

"Pertama kali saya mengajukan permohonan visa AS, saya ditolak. Saya terus mengajukan permohonan lagi dan lagi selama dua tahun dan akhirnya menerima visa saya pada percobaan kesembilan," ujarnya, dilansir Medium.

Saat umurnya 27 tahun pada 1997, Yuan memulai kehidupan baru di Silicon Valley. Ia bekerja menjadi programmer di perusahaan WebEx. Selang 10 tahun, atau pada 2007 perusahaan WebEx diakuisisi oleh Cisco Systems. Di sana Yuan menjadi pimpinan bagian Engineering.

Tahun 2011, Yuan melakukan presentasi pada para eksekutif Cisco. Ia mengemukakan idenya terkait aplikasi untuk konferensi video dengan perantara komputer, tablet, dan handphone. Sayangnya ide tersebut ditolak.

Yuan pun mengundurkan diri dari perusahaan besar tersebut. Dan mencoba membangun perusahannya sendiri, Zoom.

"Saya memutuskan sudah waktunya untuk membuat solusi komunikasi video yang saya bayangkan selama perjalanan kereta kampus menjadi kenyataan," ungkapnya.

Berharta Rp120 Triliun, Eric Yuan Ternyata Bikin Zoom Berkat IstriBerharta Rp120 Triliun, Eric Yuan Ternyata Bikin Zoom Berkat Istri/ Foto: istimewa

Rupanya, ide awal Yuan membuat Zoom adalah karena sang istri, Bun. Kala ia masih menjadi mahasiswa di China, ia berniat mengunjungi pacar yang kini menjadi istrinya.

"Saya pertama kali memikirkan Zoom saat menjadi mahasiswa di China. Saya harus menggunakan kereta selama 10 jam untuk menemui seseorang, yang sekarang menjadi istri saya," kata Yuan.

Dalam perjalanan panjang tersebut, Yuan merasa bosan dan memikirkan bagaimana caranya agar bisa menemui sang pacar tanpa harus menghabiskan waktu. Itulah yang menjadi asal muasal berdirinya Zoom.

"Saya tidak menyukai perjalanan tersebut dan membayangkan berbagai cara lain untuk dapat menemuinya tanpa harus melakukan perjalanan. Inilah yang akhirnya mendasari Zoom," katanya.

Siapa sangka, ide tersebut kini membawanya masuk dalam daftar miliarder Forbes. Saat ini kekayaan Yuan diperkirakan mencapai US$ 7,8 miliar atau Rp120 triliun.

Sangat menginspirasi ya, Bun!


Simak juga 6 hal terkait Corona yang perlu Bunda tahu dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/rap)

Let's block ads! (Why?)



Teknologi - Terbaru - Google Berita
April 30, 2020 at 10:41AM
https://ift.tt/35oiuBB

Berharta Rp120 Triliun, Eric Yuan Ternyata Bikin Zoom Berkat Istri - Haibunda
Teknologi - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2ZG5aJj

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Berharta Rp120 Triliun, Eric Yuan Ternyata Bikin Zoom Berkat Istri - Haibunda"

Post a Comment

Powered by Blogger.