Search

Apple Bangun Teknologi Satelit, Kirim Data Tanpa Perlu Jaringan - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Apple dilaporkan sedang mengembangkan teknologi satelit, setelah mempekerjakan sejumlah insinyur luar angkasa untuk membentuk tim bersama dengan perancang satelit dan antena, menurut laporan baru dari Bloomberg, sebagaimana dikutip Techcrunch, 20 Desember 2019.

Laporan tersebut mencatat bahwa ini adalah proyek rahasia tahap awal yang masih dapat dibatalkan, tetapi tujuan tim dan pekerjaannya adalah untuk berpotensi mengembangkan teknologi satelit komunikasi yang dapat mengirim dan menerima data secara langsung ke perangkat pengguna, termasuk iPhone, dalam upaya untuk memungkinkan menghubungkan perangkat Apple tanpa perlu jaringan pihak ketiga.

Bloomberg mengatakan bahwa Apple tidak perlu membuat perangkat keras satelitnya sendiri. Apple dapat mengembangkan perangkat transmisi atau peralatan berbasis darat untuk memanfaatkan transmisi data untuk peralatan komunikasi orbital.

Teknologi ini dapat digunakan untuk mengirimkan data secara langsung ke perangkat Apple, atau hanya dapat menghubungkannya satu sama lain secara independen dari jaringan data operator seluler. Ini juga dapat digunakan untuk menyediakan layanan lokasi yang lebih akurat untuk peta dan panduan yang lebih baik, kata laporan itu.

Apple dikatakan telah merekrut eksekutif dan insinyur dari industri dirgantara dan satelit, termasuk alumni Skybox Imaging Michael Trela dan John Fenwick, yang memimpin tim. Kedua orang ini sebelumnya mengepalai divisi satelit dan pesawat ruang angkasa Google. Karyawan baru termasuk mantan eksekutif Aerospace Corporation Ashley Moore Williams, serta personel kunci dari jaringan nirkabel dan industri jaringan pengiriman konten.

Gagasan menyediakan jaringan data dari antariksa langsung ke perangkat tampaknya tidak masuk akal, karena sebagian besar satelit komunikasi data memerlukan komunikasi dengan stasiun bumi yang kemudian menyampaikan informasi dengan perangkat titik akhir.

Tapi itu bukan konsep yang tidak pernah terdengar, dan sebenarnya telah ditulis awal tahun ini tentang Ubiquitilink (sekarang Lynk), sebuah perusahaan yang berfokus pada membangun jenis baru konstelasi satelit komunikasi orbit rendah Bumi yang dapat berkomunikasi langsung dengan telepon.

Sasaran awal Lynk menguraikan apa yang bisa disediakan oleh jaringan komunikasi satelit tambahan di atas layanan operator iPhone biasa. Perusahaan startup itu berharap untuk secara mendasar memberikan roaming global dengan tingkat koneksi yang mungkin tidak secepat yang Anda dapatkan dari jaringan berbasis darat, tetapi dapat digunakan untuk komunikasi dan tidak tergantung pada infrastruktur lokal.

Hal itu juga bisa bertindak sebagai cadangan yang memastikan tidak peduli apa status jaringan utama Anda, Anda akan selalu dapat melakukan operasi yang kurang intensif data, seperti mengirim pesan teks dan menelepon.

Meskipun jelas ada banyak yang tidak diketahui dari apa yang sedang dikerjakan Apple, sangat menarik untuk mempertimbangkan kemungkinan bahwa ia dapat menawarkan tingkat konektivitas selalu aktif yang dibundel dengan iPhone dan tersedia bahkan ketika jaringan utama Anda tidak tersedia.

TECHCRUNCH | BLOOMBERG

Let's block ads! (Why?)



Teknologi - Terkini - Google Berita
December 22, 2019 at 05:21AM
https://ift.tt/34NDaBh

Apple Bangun Teknologi Satelit, Kirim Data Tanpa Perlu Jaringan - Tempo
Teknologi - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2ZG5aJj

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Apple Bangun Teknologi Satelit, Kirim Data Tanpa Perlu Jaringan - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.