Search

Bendera Putih MWC 2020 Barcelona Dipukul Virus Corona - detikInet

Jakarta -

Manusia bisa berencana, tapi Tuhan berkehendak. Persiapan menangkal virus corona sudah gila-gilaan, tapi Mobile World Congress 2020 akhirnya menyerah.

Pengumuman batalnya pesta teknologi ponsel terbesar di dunia ini mengejutkan banyak pihak, meskipun sudah diperkirakan. Mestinya acara ini digelar 24-27 Februari 2020, namun wabah virus corona di China menggerus kepastian acara ini sejak Januari.

Bukan lantaran virusnya beredar di Spanyol, namun para vendor dan calon pengunjung yang kena dampaknya duluan. Banyak perusahaan dan pengunjung ang berasal dari China dan mereka tak bisa berangkat.

Banyak perusahaan-perusahaan lain yang khawatir akan penularan virus corona. Satu persatu perusahaan terkemuka mundur, hingga akhirnya mencapai 32 perusahaan kakap dari Amazon, Facebook, Intel, LG, Sony mereka menyerah.


GSMA selaku penyelenggara MWC 2020 sudah mati-matian mempertahankan acara ini. Puluhan langkah mitigasi disiapkan termasuk beberapa kebijakan yang keras, misalnya melarang kunjungan peserta dari Provinsi Hubei dan meniadakan jabat tangan di lokasi acara.

Namun akhirnya GSMA mengibarkan bendera putih. Kamis (13/2/2020) mereka memutuskan MWC 2020 dibatalkan, sehari lebih cepat dari dugaan media. Toh, banyak pihak juga menyarankan acara ini jangan dipaksakan karena force majeur.

Nada pasrah, mungkin kecewa, tapi tetap simpatik dan suportif mengubah tampilan situs resmi MWC 2020 Barcelona seperti dilihat detikcom. Biasanya yang tampil di halaman muka adalah teaser berbagai acara seru dan gegap gempita jelang pesta teknologi itu, namun kini hanya boks besar berisi pengumuman pembatalan acara.


"Karena masalah keamanan dan lingkungan kesehatan di Barcelona dan negara tuan rumah hari ini, GSMA telah membatalkan MWC Barcelona 2020 kerena kekuatiran global terkait wabah virus corona, masalah travel dan hal lain, membuat menjadi tidak mungkin untuk GSMA mengadakan event ini," demikian GSMA di pengumuman situs resminya.

Pemkot Barcelona memahami keputusan GSMA. Mereka menyatakan simpati untuk mereka yang terkena wabah virus corona di China dan dunia.

"GSMA dan pihak kota tuan rumah akan lanjut bersatu padu bekerja dan saling mendukung untuk MWC Barcelona 2020 dan edisi di masa depan," pungkas GSMA.

Simak Video "Usai Dinyatakan Negatif, Suspect Corona di Cibubur Dipulangkan"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/rns)

Let's block ads! (Why?)



Teknologi - Terbaru - Google Berita
February 13, 2020 at 12:43PM
https://ift.tt/3bybzsf

Bendera Putih MWC 2020 Barcelona Dipukul Virus Corona - detikInet
Teknologi - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2ZG5aJj

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bendera Putih MWC 2020 Barcelona Dipukul Virus Corona - detikInet"

Post a Comment

Powered by Blogger.