Search

Firefox Browser Baru di Indonesia, Kini Diklaim Lebih Ramah Privasi - Jawa Pos

JawaPos.com – Mozilla secara resmi baru saja memperkenalkan versi terbaru Firefox Lite di Indonesia. Firefox Lite versi terbaru kini menjadi platform mobile browser multifungsi yang memungkinkan pengguna untuk merasakan pengalaman berinternet yang lebih mudah, efisien dan aman.

Tak hanya Firefox Lite, Mozilla juga memperkenalkan Firefox Browser terbaru secara global pada bulan lalu. Firefox Browser baru tersebut juga kini hadir di Indonesia.

Staff Product Manager Core Browser Mozilla, Cindy Hsiang, mengatakan browser baru ini sejalan dengan misi awal Mozilla yaitu untuk melindungi Internet dan semua orang yang ada di dalamnya. “Browser ini juga bertujuan untuk mendorong para pengguna untuk melindungi privasi online mereka,” ujarnya di Jakarta, Rabu (27/11).

Dirinya melanjutkan, berdasarkan data dari We Are Social tahun 2019, sebanyak 63 persen pengguna internet di Indonesia menginstal ad blocker. Hal tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pengguna Internet terbanyak yang mengadopsi program tersebut di seluruh dunia.

Angka ini menunjukkan tingginya permintaan pengalaman berinternet personal dan aman dari para pengguna. Maka dari itu, Enhanced Tracking Protection (ETP) dari Firefox Browser sudah dinyalakan secara otomatis sejak versi sebelumnya.

“Fitur ini berguna untuk memperkuat keamanan dan privasi seluruh pengguna kami di seluruh dunia, yang juga membedakan Firefox Browser dengan browser lainnya,” imbuh Cindy.

Ilustrasi: Jajaran produk Firefox terbaru di perangkat smartphone. (RianAlfianto/JawaPos.com).

Pada versi terbaru ini, pengguna dapat melihat berbagai cara ETP dalam memberikan keamanan, antara lain dengan memberikan laporan Firefox Privacy Protections. Dengan hal tersebut memungkinkan pengguna untuk mengawasi aktivitas pelacak dari setiap situs yang mereka kunjungi, dan dasbor perlindungan privasi.

Sejak peluncuran fitur ETP, Firefox mengklaim telah memblokir total lebih dari 400 miliar pelacak dengan 10 miliar Iebih pelacak yang diblokir setiap hari. Rata-rata pengguna Firefox di Indonesia memiliki 197 pelacak terblokir setiap harinya.

Fitur ETP yang disempurnakan dengan laporan Firefox Privacy Protections kini dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Tak hanya itu, kini juga pengguna Firefox Browser dapat melaporkan hal-hal seperti mengetahui jumlah cookies yang diblokir.

Fitur ETP mencegah cookies pelacak pihak ketiga untuk membuat profil online berdasarkan aktivitas online pengguna. Kini pengguna dapat melihat jumlah pelacak antarsitus dan media sosial, fnger printers, dan crypto miners yang telah diblokir dengan Firefox Browser.

Tak hanya itu, user Firefox Browser kini juga bisa mengetahui kebocoran data dengan Firefox Monitor. Pengguna dapat melihat ringkasan jumlah password tidak aman yang mungkin dapat menyebabkan kebocoran data, sehingga pengguna dapat memperbarui dan mengganti password.

Manajemen password dan perangkat terhubung dengan Firefox Lockwise kini juga dimungkinkan. Pengguna dapat melihat jumlah password yang tersimpan di Firefox Lockwise, serta dapat memantau dan mengatur jumlah perangkat terhubung dan telah ter-log in dengan password pengguna.

Let's block ads! (Why?)



Teknologi - Terkini - Google Berita
November 28, 2019 at 09:35AM
https://ift.tt/37OsDbN

Firefox Browser Baru di Indonesia, Kini Diklaim Lebih Ramah Privasi - Jawa Pos
Teknologi - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2ZG5aJj

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Firefox Browser Baru di Indonesia, Kini Diklaim Lebih Ramah Privasi - Jawa Pos"

Post a Comment

Powered by Blogger.