Search

Huawei Mate 30 Pro Dipuji, Sayangnya Tidak Pakai Aplikasi Google - detikInet

Jakarta - Nyaris semua bocoran tentang Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro terkonfirmasi saat peluncurannya. Sayangnya, ini juga termasuk tentang kabar mengenai ketiadaan aplikasi Google di dalamnya.

Sekilas mengingatkan, ketiadaan aplikasi Google di perangkat terbaru Huawei adalah dampak dari masuknya perusahaan asal China tersebut dalam daftar hitam pemerintah Amerika Serikat (AS). Perusahaan asal Negeri Paman Sam dilarang melakukan bisnis apapun dengan Huawei dikarenakan isu keamanan nasional.

Alhasil dalam peluncurannya, Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro memang masih menggunakan EMUI 10 berbasis Android 10. Namun, tidak ada layanan dan aplikasi Google seperti Play Store, Chrome, Gmail, Google Maps YouTube dan lainnya.

Ketiadaan layanan Google bisa jadi pukulan hebat bagi Huawei. Pasalnya, perangkat Android saat ini memang banyak bergantung padanya.

Merespons masalah ini, Huawei mengerahkan ekosistem aplikasi miliknya yang tersedia lewat Huawei AppGallery. Toko aplikasi milik Huawei ini diklaim punya 45 ribu aplikasi.

Meski demikian, ini adalah angka yang kecil dibandingkan Play Store yang punya sekitar 2,7 juta aplikasi. Menggelontorkan USD 1 miliar untuk pengembangan ekosistem software, rasanya tidak akan cukup bagi Huawei. Sulit bagi mereka untuk menyaingi atau setidaknya sejajar dengan ekosistem software dan layanan milik Google yang sudah meraksasa.

Spesifikasi

Berbicara spesifikasinya, Mate 30 dan Mate 30 Pro, seperti seri flagship Huawei sebelumnya, dinilai impresif. Pujian terutama dialamatkan pada kamera berlabel 'Leica' yang menjadi daya tarik utamanya.

Kamera belakang Mate 30 dan Mate 30 Pro berlabel Leica, punya desain yang disusun membentuk lingkaran. Huawei menyebut desain ini terinspirasi dari desain kamera profesional.

Huawei Mate 30 punya konfigurasi kamera terdiri dari lensa wide 40 MP f/1.8, telephoto 8 MP f/2.4, dan ultrawide 16 MP. Sementara Huawei Mate 30 Pro dibekali kamera yang terdiri dari lensa 40 MP f/1.6, telephoto 8 MP f/2.4, ultrawide 40 MP f/1.8 dan 3D TOF camera. Kamera depan Mate 30 menggunakan lensa 24 MP sedangkan Mate 30 Pro menggunakan lensa wide 32 MP dan 3D TOF camera.

Keduanya dibekali konektivitas 5G dan punya otak chipset Kirin 990. Layar Huawei Mate 30 berukuran 6,62 inch sementara Huawei Mate 30 Pro 6,53 inch dengan desain layar Horizon Display yang memungkinkannya lebih lebar dan 'luber' ke sisi kiri dan kanannya.

Kedua ponsel didukung kapasitas baterai yang besar, 4.200 mAh untuk Mate 30, dan 4.500 mAh untuk Mate 30 Pro. Dua-duanya mendukung fast charging 40W dan fast wireless charging 27W. Ada beberapa opsi warna menarik yang ditawarkan, Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro tersedia dalam pilihan Black, Space Silver, Cosmic Purple dan Emerald Green.

Simak Video "Huawei Akui Tak Kena Dampak Signifikan Kebijakan AS soal Boikot China"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)

Let's block ads! (Why?)



Teknologi - Terkini - Google Berita
September 20, 2019 at 07:53AM
https://ift.tt/32RUeoX

Huawei Mate 30 Pro Dipuji, Sayangnya Tidak Pakai Aplikasi Google - detikInet
Teknologi - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2ZG5aJj

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Huawei Mate 30 Pro Dipuji, Sayangnya Tidak Pakai Aplikasi Google - detikInet"

Post a Comment

Powered by Blogger.