Search

Sistem Basis Data IMEI Ponsel Siap Digunakan - Investor Daily

JAKARTA, investor.id - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan, Sistem Informasi Basis Data IMEI Nasional (Sibina) telah siap digunakan. Hanya saja, pengoperasiannya masih harus menunggu kesepakatan peraturan dari tiga kementerian, yakni Kemenperin, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), dan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

"Sistem Sibina sudah on dan sudah siap digunakan. Tinggal menunggu teknis regulasinya," kata Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kemenperin Janu Suryanto di Jakarta, akhir pekan lalu.

Dia menjelaskan, data yang dimiliki Sibina hanya nomor data identifikasi perangkat internasional (International Mobile Equipment Identity/IMEI) yang masuk melalui Tanda Pendaftaran Produk (TPP), baik untuk IMEI ponsel, komputer, tablet, dan handheld.

Sementara itu, untuk data pemilik ponsel, tetap ada pada operator telekomunikasi seluler. Nantinya, data perangkat yang dimiliki Kemenperin akan dipasangkan dengan data dari operator yang akan dilakukan secara online. Setelah proses itu dilakukan, selanjutnya akan muncul daftar IMEI yang perlu diberi notifikasi, apakah masuk dalam black list, atau white list.

Sistem Sibina juga nantinya mampu mendeteksi jika terjadi adanya duplikasi/pemalsuan IMEI. Sibina pun akan melakukan verifikasi untuk menentukan, apakah perangkat diblokir atau tidak. Dengan kata lain, perangkat tidak serta merta diblokir sebelum dicek kevalidan nomor IMEI-nya.

Saat ini, Kemenperin terus-menerus melakukan uji coba terhadap Sibina untuk meminimalisasi kejadian yang tidak diinginkan, sambil menunggu aturan dari ketiga kementerian disepakati dan diterbitkan.

Setelah urusan regulasi selesai, variabel dari putusan tersebut akan dimasukkan ke dalam Sibina. "Lalu, setelah itu, dilakukan uji coba lagi. Jika sudah tidak ada masalah baru, Sibina akan dipergunakan secara nasional," pungkas Janu.

Sumber : ANTARA

Berita Terkait

Let's block ads! (Why?)



Teknologi - Terkini - Google Berita
September 23, 2019 at 08:00AM
https://ift.tt/2LLIr65

Sistem Basis Data IMEI Ponsel Siap Digunakan - Investor Daily
Teknologi - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2ZG5aJj

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sistem Basis Data IMEI Ponsel Siap Digunakan - Investor Daily"

Post a Comment

Powered by Blogger.