Search

Duel Quad-camera 64 MP, Redmi Note 8 Pro vs realme XT - DroidLime

Redmi membuat kejutan dengan merilis Redmi Note 8 Pro yang digadang-gadang menajdi penerus dari Redmi Note 7 Pro. Satu hal yang tak kalah mengejutkan, smartphone ini datang dengan dukungan empat kamera (quad-camera) di bagian belakang, di mana lensa utamanya memiliki sensor 64 MP.

Namun, Redmi Note 8 Pro tidak sendirian dalam hal dukungan quad-camera 64 MP. Ada realme yang belum lama ini meluncurkan realme XT. Ya! Smartphone ini pun punya dukungan empat kamera di bagian belakang, lensa utamanya pun memiliki sensor 64 MP.

Punya dukungan quad-camera 64 MP, apakah Redmi Note 8 Pro dan realme XT ini juga memiliki persamaan lainnya? Nah! Buat kalian yang penasaran untuk mengetahui lebih dalam, berikut ini kami akan ulas kedua smartphone tersebut, mulai dari desain, spesifikasi dan tentu saja akan ditutup dengan harganya.

Desain

Redmi Note 8 Pro

Baik Redmi maupun realme tidak main-main dalam mengemas smartphone yang dikembangkannya. Redmi Note 8 Pro dan realme XT punya bodi panel belakang yang sudah dilapisi kaca anti gores sehingga terlihat lebih elegan. MEski begitu, realme XT terlihat menarik karena dimensinya lebih ringkas dan tidak ada pemindai sidik jari di sisi belakang.

Ya! Bisa dibilang, realme mampu mengemas realme XT dengan punggung yang lebih bersih, lebih kecil, lebih tipis dan bahkan lebih ringan dari Redmi Note 8 Pro. Namun yang patut diperhatikan, layar dan back-cover kedua smartphone tersebut sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Layar

Masuk ke sektor layar, REdmi sepertinya harus takluk dengan realme. Pasalnya, Redmi Note 8 Pro hanya dibekali layar IPS klasik. Sementara, realme XT datang dengan panel layar Super AMOLED. Sudah barang tentu, layar realme XT lebih baik, mampu menampilkan warna hitam yang lebih dalam dan warna lainnya yang lebih cemerlang.

Satu-satunya keuntungan yang dimiliki oleh Redmi Note 8 Pro, smartphone ini punya diagonal layar yang lebih luas, yang bisa dinikmati lebih nyaman oleh mereka yang suka hiburan. Perbedaan lainnya, realme XT, sudah dilengkapi in-display fingerprint, sedangkan Redmi Note 8 Pro memiliki pemindai sidik jari yang dipasang di belakang perangkat.

Spesifikasi dan software

Sekali lagi, harus diakui bahwa realme XT lebih unggul dari sisi desain dan layar. Sementara, untuk sektor hardware yang dibenamkan, Redmi Note 8 Pro adalah pemenangnya. Meskipun realme XT hadir dengan penyimpanan internal yang mengadopsi teknologi UFS 2.1, Redmi Note 8 Pro sudah memiliki chipset alias SoC yang jauh lebih bertenaga.

Tidak hanya itu, realme juga harus mengakui keunggulan Redmi ketika menyinggung konfigurasi CPU yang dibenamkannya, sistem pendingin yang lebih maju dan bahkan GPU yang lebih baik. Satu-satunya kelemahan adalah proses produksi 12 nm yang membuatnya kurang hemat energi.

Kamera

Untuk sektor kamera, baik realme XT maupun Redmi Note 8 Pro, keduanya memiliki dukungan yang sangat mirip. Keduanya memiliki empat kamera (quad-camera) di bagian belakang dengan lensa yang persis sama, yakni kamera utama 64 MP. Keduanya pun memakai sensor yang sama, yakni ISOCELL Bright 64 MP milik Samsung.

Kamera utama 64 MP yang disematkan telah dipasangkan dengan lensa ultra-wide, kamera makro khusus dan sensor kedalaman, semuanya dengan konfigurasi 8 MP + 2 MP + 2 MP. Di atas kertas, Redmi Note 8 Pro punya kamera yang lebih baik, yakni 20 MP. Sementara, realme XT hanya dibekali selfie-camera 16 MP.

Baterai

Redmi membekali Redmi Note 8 Pro dengan baterai yang jauh lebih besar daripada realme XT, tetapi komponen yang disematkan memiliki konsumsi daya yag jauh lebih tinggi. Layar Redmi Note 8 Pro diperkirakan akan lebih banyak menguras daya karena terbuat dari panel LCD.

Di sisi lain, ada perbedaan chipset yang dipasang ke dalam kedua smartphone ini. Redmi Note 8 Pro lebih percaya untuk memakai chipset Helio G90T, sementara realme XT hanya dibekali Snapdragon 712. Itulah sebabnya kami percaya bahwa kedua ponsel pintar itu akan memberikan daya tahan baterai yang seimbang.

Harga

Redmi Note 8 Pro lahir di Cina, sementara realme XT memulai debutnya di India. Varian Redmi Note 8 Pro yang paling rendah, yakni RAM 6 GB + ROM 64 GB dijual dengan harga 1.399 Yuan atau sekitar Rp2,8 juta. Sementara, realme XT RAM 4 GB + ROM 64 GB dibanderol seharga Rs. 15.999 atau sekitar Rp3,1 juta.

Secara keseluruhan, realme XT terlihat seperti perangkat yang sedikit lebih baik untuk pengguna rata-rata. Tetapi jika kalian adalah pengguna yang membutuhkan kinerja maksimal atau kalian adalah seorang gamer, Redmi Note 8 Pro adalah pilihan yang lebih tepat.

Jelas, kesimpulan tersebut diambil berdasarkan spesifikasi di atas kertas. Jika kedua smartphone ini nantinya akan muncul di pasar Indonesia secara resmi, adalah cara yang tepat untuk mengujinya langsung. Dengan begitu, kita bisa merasakan semua hal yang disematkan, mulai dari desain, chipset, kamera dan juga baterainya.

Kami tunggu komentar kalian!

ROG_Zephyrus_S_GX502

Let's block ads! (Why?)



Teknologi - Terkini - Google Berita
September 16, 2019 at 03:00PM
https://ift.tt/2NdROxb

Duel Quad-camera 64 MP, Redmi Note 8 Pro vs realme XT - DroidLime
Teknologi - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2ZG5aJj

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Duel Quad-camera 64 MP, Redmi Note 8 Pro vs realme XT - DroidLime"

Post a Comment

Powered by Blogger.